Widget edited by super-bee
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Kamis, 28 Februari 2013

Formulasi: LOMBA MENULIS TUTORIAL BLOG FORMULASI

Formulasi: LOMBA MENULIS TUTORIAL BLOG FORMULASI:

Forum Multimedia Edukasi (FORMULASI) kembali mengadakan Lomba Menulis. Periode kali ini lomba berupa LOMBA MENULIS TUTORIAL. Lomba ini diperuntukkan bagi para guru dengan cara menulis di blog Formulasi. Adapun ketentuan lomba ini adalah sebagai berikut :
Syarat dan ketentuan:
1. Lomba terbuka untuk semua pendidik dan tenaga kependidikan.
2. Tema lomba periode Maret –Agustus 2013 “Kreatifitas Membuat Media Pembelajaran Berbasis Komputer”.
3. Tulisan berupa tutorial ataupun tips dan trik pengembangan media pembelajaran dengan Software Pengolah Media (Microsoft Office Powerpoint, Adobe Flash, Swishmax, Lactora, Autoplay, dll) baik berupa pembuatan template, animasi, pemrograman (script/VBA) maupun kreasi lainnya .
4. Peserta harus mengirimkan hasil karya untuk di unduh pembaca berupa link unduh. Server file yang diijinkan adalah Http://code.google.com, https://drive.google.com, https://skydrive.live.com, https://www.dropbox.com. Kami tidak menerima menggunakan server yang yang lain.
5. Tulisan yang dilombakan belum pernah diterbitkan atau sedang diikutsertakan dalam lomba lain. 
6. Tulisan disertai dengan foto atau gambar-gambar yang mendukung.
7. Tulisan maksimal 5 halaman.
8. Karya tulisan bukan berupa PTK tetapi berupa karya artikel populer.
9. Tulisan yang dilombakan tidak melanggar norma dan hukum yang berlaku, termasuk didalamnya masalah SARA, pornografi, hak cipta, dan lain-lain.
10. Artikel yang masuk dalam Redaksi Formulasi menjadi hak milik Redaksi Formulasi
11. Artikel yang tidak sesuai ketentuan diatas tidak akan diterbitkan.
 
clip_image002
pasang kode banner berikut di blog anda  
Prosedur perlombaan:
1. Pendaftaran, pengumpulan, penjurian dan voting karya dilakukan di formulasi.or.id
2. Peserta hendaknya menshare karyanya diberbagai media social (facebook, twitter, google+)
3. Bagi yang memiliki blog pribadi, artikel dapat direview di blog pribadi.
4. Peserta maksimal mengirim 2 karya
5. Penjurian dan penentuan pemenang dilakukan di akhir periode.
6. Naskah dikirim dalam format .doc atau docx dengan ukuran kertas A4, margin 4 cm 3 cm 4 cm 3 cm, spasi 1,5. Gunakan huruf Times New Roman atau Arial dengan template yang bisa didownload dengan [klik di sini]
7. Naskah dikirim melalui e-mail ke lomba@formulasi.or.id
8. Artikel yang memenuhi syarat dan ketentuan akan dimuat dalam www.formulasi.or.id
word-template
Dewan Juri :
1. Mampuono, S.Pd., M.KOm (Ketua Komunitas Rumah Belajar Kemendiknas)
2. Dra. Endah Sulistyowati, M. Si (Juara 1 Internasional Seameo)
3. Fauzan A. Mahanani, S.Pd (Ketua Formulasi)

 
Kriteria Penilaian :
1. Penilaian pemenang berdasarkan kriteria sebagai berikut :
a. 60 % Penilaian Juri dengan perincian
· Kreatifitas ide (25%)
· File Pendukung (20%)
· Kemanfaatan tulisan (10%)
· Kemudahan dipahami (5 %)
b. 40 % Penilaian Pembaca berupa share sosial media dengan perincian
· Google + = 20%
· Komentar Pembaca = 10%
· Like Facebook = 5%
· Like Twitter = 5%
2. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat
 
Pengumuman Pemenang
Pengumuman pemenang dapat dilihat di www.formulasi.or.id pada minggu pertama periode berikutnya.
 
Hadiah:
Pemenang akan mendapat Tablet PC dan Sertifikat. Tunggu apa lagi? Segera kirimkan kaya anda! Ikuti juga update mengenai lomba ini di website www.formulasi.or.id ,dan facebook fan page Formulasi dengan alamat www.facebook.com/forum.multimedia.edukasi .
Informasi Halaman Artikel
URL: http://www.formulasi.or.id/2013/02/lomba-menulis-tutorial-blog-formulasi.html

Formulasi: Pengumuman Pemenang Lomba Menulis Periode I

Formulasi: Pengumuman Pemenang Lomba Menulis Periode I:

Kami sangat bangga dan berterimakasih kepada teman-teman guru yang telah mau berbagi pengalaman kepada guru yang lain. Banyak kritik dan masukkan kepada panitia sebagai kritik yang membangun untuk kami melangkah lebih baik lagi. Lomba ini bukan sekedar ajang Like (Jempol) seperti kritikan yang masuk kepada kami, tetapi inti dari lomba ini adalah bagaimana ketika anda dapat memanfaatkan ICT (Sosial Media) untuk mengubah dunia mulai dari hal-hal yang sederhana. Karena 1 like (Jempol)  berarti ada telah berbagi kepada seluruh teman pada jejaring sosial anda. Selanjutnya kami berharap Anda dapat memanfaatkannya (Sosial Media) untuk dunia pendidikan. Lomba dan Hadiah bukanlah yang utama,. yang terpenting adalah ketika apa yang anda ceritakan dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi guru yang lain.

The mediocre teacher tells. 

The good teacher explains. 

The superior teacher demonstrates. 

The great teacher inspires. 

~William Arthur Ward

Kamis, 28 Februari, 2013 Pukul 24’00 WIB, Panitia Lomba Menulis Blog Formulasi periode 1 Desember 2012 – 28 Pebruari 2013  dengan Tema “Pengalaman / Rencana Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran” memutuskan Juara Lomba adalah  Drs. Ari Handoko SMP Negeri 2 Bukateja Purbalingga Jawa Tengah. dengan judul “HIPNOTIS SISWA DENGAN POWER POINT”.
Selanjutnya Hadiah dan Sertifikat pemenang segera kami kirim.
image
Kami mengucapkan banyak terimakasih yang sedalam-dalamnya kepada semua peserta lomba, bagi yang belum beruntung dapat mengikuti lomba Periode II dengan Tema “Kreatifitas Membuat Media Pembelajaran Berbasis Komputer
Lomba Semoga Artikel yang anda tuliskan dapat menginspirasi guru-guru yang lain untuk dapat memanfaatkan ICT dalam pembelajaran.
Berikut ini adalah daftar penilaian lomba
No Nama Judul TOTAL Point


24 Ari Handoko HIPNOTIS SISWA DENGAN POWER POINT 2719,7
23 Drs. Ari Handoko GURU GUNAKAN MULTIMEDIA SISWA MENANGIS 2566,9
8 Nur Widjajanti, S.Pd BEGITU MUDAH DAN MENYENANGKAN MEMAHAMI FISIKA ALA SANG SUTRADARA 2432,8
6 Dwi Haryanto ASYIKNYA MENGENALI BINATANG DALAM BAHASA ARAB 644,1
15 Kemas Sudirman, S.Pd. I BINTANGKU DARI JAMBI 353,9
19 Sutarno EFEKTIFKAH MELARANG SISWA MEMBAWA HP KE SEKOLAH ? 102,3
55 Muhammad Nur'alim ULANGAN HARIAN (TIDAK LAGI) MENAKUTKAN? SEBUAH PENGALAMAN 49,6
47 Sutarno, S.T PEMBELAJARAN BERBASIS FACEBOOK, KENAPA TIDAK ? 35
35 Ahmad Dadang P, M.Pd MENGAJAR PENUH PECAYA-DIRI PAKAI POWER POINT (MP5) 31,4
42 Agus Arifin Anwar, S.Pd MPI MAKHLUK HIDUP UNTUK KELAS SD 3 SEMESTER I 18,1
30 Hartono MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF “REPORT LEARNING-MEDIA” 15,9
36 Mukhtarom MENGENAL LEBIH DEKAT MESIN CNC (COMPUTER NUMERICALLY CONTROLLED) 13,9
20 Taufik Ibrahim, S.Pd EVALUASI ASYIK DENGAN TIK (PAKPIKPOK EDUCATION GAME) 12,4
53 Muhammad Luthfi SANTRIKU, INSPIRASIKU 11,9
41 Muhammad Imron MPI BIOLOGI KEAJAIBAN SEL 10,5
49 Arif Kurniawan PEMBELAJARAN ONLINE BERLANJUT KE TES ONLINE 9,4
17 Ena Kharismaya CARA PRAKTIS BELAJAR E-MAIL 8,2
52 Wahyudin SALAH KIRIM DAN MPI 6,6
50 Masri, S.Pd PEMBELAJARAN SENI BUDAYA 6,5
39 Lani Setiawati MENJADIKAN BLOG SEBAGAI PORTOFOLIO GURU 6,1
12 Selviana Nainggolan, S.Pd BELAJAR BAHASA JEPANG DENGAN ERIN 5,6
22 Taufik Ibrahim, S.Pd GURU BER-TIK SISWA BER-TIK 5,6
4 Susnadi, S.Pd ASYIKNYA BELAJAR TEKNIK OLAHRAGA SECARA ON LINE DI YOUTUBE 5
54 Rini Nurhayati, S.Pd., M.Pd. SENANGNYA BERMAIN SAMBIL BELAJAR DI TK 4,6
56 Masri, S.Pd YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA 3,7
27 Putut Ady Nugroho, S.P MARI BERTAMASYA MENJELAJAHI TATA SURYA 3,4
31 Sulistiyo MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GERAK PARABOLA 3,3
51 Mulyono PERUBAHAN KENAMPAKAN PADA BUMI 3,3
43 Hendrik Hermawan, S.Pd MPI SD PESAWAT SEDERHANA 3,1
29 Fajar Prihattanto MARI MENGENAL UNSUR, ASAS, DAN MEDIA KARYA SENI RUPA MURNI 2,7
11 Anisah Widyastuti BELAJAR BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA 2,6
44 Arif Roby Ismanto MUDAHNYA MEMBUAT MEDIA PEMBELAJAN INTERAKTIF DENGAN POWERPOINT 2,6
10 Abdul Hamid BELAJAR BACAAN QALQALAH DALAM AL QUR’AN 2,5
1 Aris Haryanto, A.Ma (KENISCAYAAN) SEBUAH MEDIA PEMBELAJARAN 2,2
14 Ahmad Taufik,S.Pd.I BERLOMBA-LOMBA DALAM KEBAIKAN 2,2
26 Soenaryati, S.Pd. KENAMPAKAN MATAHARI 2,1
5 Anne Puspitasari, A.Md ASYIKNYA BELAJAR TRANSPORTASI 2
48 Daimatul Munajah, S.Pd PEMBELAJARAN ENGLISH CLASSROOM INSTRUCTIONS MELALUI PEMANFAATAN VIDEO ANIMASI 2 DIMENSI DAN METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR 1,8
3 Eko Budiono ASYIKNYA BELAJAR LIMAS 1,7
2 Ahmad Dadang P, M.Pd “KARENA MPI (MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF), AKU JADI TAHU APA ITU TEMPLATE” 1,6
46 Erwin Joko Susanto PEMANFAATAN BLOG GURU MELALUI TAUTAN GOOGLE DOKUMENT UNTUK MEMOTIVASI SISWA DALAM PEMBUATAN DRAMA BERBAHASA INGGRIS (SPEAKING) 1,4
13 Rizky Kurniawan BELAJAR CEPAT MEMBUAT ANIMASI 2DIMENSI 1,3
21 Fendy Novafianto FLUIDA STATIS UNTUK SMK TEKNOLOGI KELAS XI SEMESTER GASAL 1,3
37 Supartono MENGGAMBAR MENGGUNAKAN PROGRAM PAINT 1,3
38 Rohmat Isnaini MENGGUNAKAN MPI MENGENAL GRAFIK FUNGSI DALAM PEMBELAJARAN 1,3
28 Ferry Kristianto MARI KITA BELAJAR TENTANG GELOMBANG 1,1
9 Mashuri BELAJAR ANGKA YUUK 1
18 Farid Suryanto, S.Pd DUPLIKASI MOVIE CLIP 0,8
45 Damayanti MULTIMEDIA PICU AKSELARASI DAYA TANGKAP DAN MINAT SISWAKU 0,4
7 Slamet Widiantoro, S.Pd AYO BELAJAR USAHA DAN ENERGI 0,3
16 Harwandi MPd CARA MUDAH BELAJAR SEL VOLTA 0,3
25 Supardi KAWASAN ASIA TENGGARA 0,3
32 Dona Agus Setiawan MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PELESTARIAN MAKHLUK HIDUP 0,3
33 Meyra Madanun MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PELUANG 0,3
34 Paulus Pintarko MEDIA PINTAR SEGITIGA 0,3
40 Ngadiyono MPI APA STATISTIKA ITU? 0,3
Keputusan juri tidak dapat digangu gugat.
Demikian atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih, terus berkarya, berbagi dan menginspirasi …!
Salam Edukasi… !
Informasi Halaman Artikel
URL: http://www.formulasi.or.id/2013/03/pengumuman-pemenang-lomba-menulis.html

Kamis, 21 Februari 2013

Langkah Awal Dalam Pendidikan Karakter

 

Langkah Awal Dalam Pendidikan Karakter

Langkah Awal Dalam Pendidikan Karakter

Komitmen merupakan langkah awal jika ingin memiliki karakter yang baik, tetapi komitmen seperti apa yang dibutuhkan untuk mensukseskan pendidikan karakter? Yaitu disiplin terhadap pendidikan karakter itu sendiri. Kali ini kita akan membahas dari sudut pandang sekolah.
Suatu ketika saya sempat mempresentasikan tentang pendidikan karakter dan dampaknya terhadap guru dan karyawan sekolah. Saya dan rekan sengaja menyeting agar lingkungan sekolah menjadi padu dengan isu pendidikan karakter yang akan didengungkan oleh sekolah yang bersangkutan. Saat saya menjelaskan tentang peraturan sekolah dan peraturan kelas, terlihat muka yang kurang nyaman, serta respon yang kurang antusias, serta air muka yang seakan berbeban berat menyikapi pelaksanaan pendidikan karakter.
Dan ditengah-tengah acara saya menjelaskan agar sekolah tidak perlu terburu-buru melakukan perombakan besar dalam aturan sekolah. Saya sangat memahami beban guru dalam mengajar dan kegiatan administrasinya, lakukan step by step yang penting ada komitmen dalam pelaksanaannya dan peliharalah disiplin sebagai motor penggerak pendidikan karakter itu sendiri, itu kuncinya. Disiplin, disiplin dan disiplin.

Sekilas saya jelaskan disiplin orang yang hidup di Indonesia dengan dua musim, berbeda dengan negara yang hidup dengan empat musim. Ketangguhan, daya juang dan inisiatif juga berbeda. Kita di Indonesia adalah wilayah yang tantangan secara alamnya cukup sedikit dibandingkan dengan mereka yang hidup di empat musim. Karena salah satu faktor inilah kita perlu belajar disiplin lebih lagi untuk kehidupan yang lebih baik. Disiplin sangat erat dengan kesuksesan, bahkan disiplin ada dalam satu paket dengan kesuksesan. Apapun yang hendak dicapai dalam kesuksesan itu disiplin adalah dasarnya. Bahkan ukuran disiplin sudah diformulasikan secara rinci oleh Malcolm Gladwell dalam bukunya Outlier, bahwa butuh 10.000 jam kedisiplinan untuk menjadi master dalam bidang apapun. Penyanyi, atlet, profesional di bidang bisnis yang sukses telah melewati proses 10.000 jam. Dan anda tahu siapa saja yang telah menjadi master di bidangnya bukan? Sebut saja, Ruth sahayana, Taufik hidayat, Agnes Monica, Purwacaraka, Juna, Rifat Sungkar, Chairul Tanjung, Hermawan Kertajaya dan masih banyak sekali tokoh yang bisa disebut master di bidangnya masing-masing.
Pendidikan karakter cenderung tak akan pernah tersentuh secara nyata jika ada hanya sebatas proses pemahaman tentang karakter atau hanya bersifat informasi tanpa adanya tindakan. Dewasa ini di media cetak, elektronik dan media internet banyak memberitakan tentang kasus jual beli kunci ujian, contek mencontek, plagiatisme, bahkan kasus kriminal yang dilakukan oleh pelajar, itu semua menunjukan bahwa nilai realisasi karakter bangsa tidak terwujud nyata. Fenomena ini muncul akibat rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia.
Faktor yang mempengaruhi antara lain :
  1. Rendahnya sarana fisik
  2. Rendahnya kualitas guru
  3. Rendahnya kesempatan pemerataan pendidikan
  4. Rendahnya relevansi pendidikan dengan kebutuhan
  5. Visi dan moralitas pendidik serta anak didik yang rendah
  6. Mahalnya biaya pendidikan Memang menjadi masalah serius di negeri ini
Anggaran pendidikan yang sudah tinggi tidak menjamin sarana fisik yang baik dan biaya pendidikan yang terjangkau, penyebabnya jelas moralitas masyarakat yang mementingkan golongan, kepetingan pribadi dan mendapat keadaan yang tepat.

Keenam halangan ini hanya bisa hilang jika nilai luhur dan pendidikan karakter benar-benar terealisasikan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal berkaitan dengan permasalah diatas kiranya diperlukan suatu terobosan di dunia pendidikan untuk menciptakan generasi muda yang berkarakter dan berprestas tinggi. Untuk mencapai itu diperlukan inovasi dan pengembangan nilai disiplin serta komitmen dari setiap perangkat sekolah agar pendidikan karakter bisa terus berjalan. Dampak dari pendidikan karakter dapat membangun individu untuk mengenali dirinya sendiri dan mampu menetapkan tujuan pendidikannya.
Pendidikan karakter sebenarnya sudah ada sejak dulu seperti apa yang diungkapkan Ki Hajar Dewantara melalui Among Metode, dimana ada tiga unsur pendidikan yang harus berjalan sinergis yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat. Dengan Among Metode diharapkan anak akan tumbuh sesuai kodrat (naturelijke groei) dan keadaan budaya sendiri (cultuur histories). Sehingga ada tiga hal yang patut dan perlu untuk dikembangkan dalam rangka membangun karakter yang berpendidikan yaitu membangun budaya agar siswa selalu siap dengan perubahan yang semakin kompetitif mengingat budaya itu bersifat kontinue, konvergen dan konsentris (Ki Hajar Dewantara). Perhatikan kata-kata Ki Hajar Dewantara berikut “membangun budaya agar siswa selalu siap dengan perubahan yang semakin kompetitif” artinya diperlukan sikap yang berkomitmen dan disiplin terhadap pelaksanaan pendidikan karakter itu sendiri, dan semua ini dapat dimulai dari kita semua. Sudahkan anda berkomitmen terhadap hal ini?
Sebagai informasi tambahan, kami memberikan E-book Gratis 6 Cara Mendisiplinkan Anak yang dapat anda pelajari agar kita semua dapat memaksimalkan pendidikan karakter di negara kita dan ikut menciptakan kehidupan yang lebih baik serta mewarisikan hal terindah bagi anak cucu kita.

Sumber : http://www.pendidikankarakter.com/

Cara Jitu Menumbuhkan Semangat Belajar Pada Anak

 

Cara Jitu Menumbuhkan Semangat Belajar Pada Anak

Nah, ini adalah tema yang sering ditunggu-tunggu oleh orangtua dan juga sering banyak dikeluhkan orangtua. “Kenapa anak saya ngga senang belajar, maen aja seharian”, keluh seorang Ibu yang hadir diseminar saya. Para pembaca, percayakah Anda bahwa kehidupan sejati kita manusia adalah seorang pembelajar? Tapi kita sering memberikan perlakuan yang tidak menyenangkan saat anak belajar (secara tidak sadar) bahkan dulu kita pun mungkin diberikan stimulasi yang salah sehingga belajar itu tidak menyenangkan.
Misalnya, saat anak kita bayi dan berumur 1 tahun. Dia ingin memasukan semua barang yang dapat ia pegang ke dalam mulutnya, benar? Nah yang kebanyakan orang lakukan saat itu adalah berkata “eh… itu kotor, ngga boleh” sambil menarik barang tersebut. Sebenarnya ini adalah perilaku dasar pada saat seorang anak belajar. Kemudian saat dia mulai bisa berjalan, mulai ingin tahu lebih banyak tentang lingkungan sekitar, semakin banyak larangan yang dikeluarkan oleh orangtua ataupun pengasuh. Mungkin karena lelah menjaga anak seharian, sehingga banyak larangan yang dikeluarkan. Padahal ini adalah keinginan mereka untuk tahu (belajar) lebih banyak, mengisi database di otaknya yang masih kosong dan perlu diisi.
Saat mulai bisa berbicara, bertanya ini dan itu. “Ini apa? Kenapa?” Jawaban yang diterima “lha tadi sudah tanya, tanya lagi dasar cerewet” mungkin saat itu pengasuh dan orangtua sedang lelah juga saat menjaganya sehingga malas dan capek untuk memberikan penjelasan dan ini adalah proses belajar seorang anak. Ada barang baru dirumah dan anak ingin memegangnya atau mengetahui lebih dekat, maka kita orangtua dan pengasuhnya menjauhkan barang tersebut darinya, dengan dalih nanti rusak karena barang mahal.
Dari sepenggal contoh diatas dimana ini adalah pengalaman nyata dari saya dan beberapa klien, siapakah yang membuat anak menjadi malas belajar?

Berikutnya ada seorang anak berusia 8 tahun, sebut saja Aji. Orangtuanya sangat mengeluhkan, bahwa anaknya tidak suka belajar dan sudah mendapat peringatan dari gurunya jika tidak ada perubahan sikap maka kemungkinan besar Aji tidak naik kelas. Saat bertemu, saya yakin Aji adalah anak yang luar biasa. Sesaat saya bertanya tentang hobi dan kesukaannya saat bermain, dengan cepat saya mengetahui anak ini luar biasa. Sebab setelah saya Tanya tentang hobinya ternyata sepak bola, dan tim kegemarannya adalah Arsenal (Liga Inggris). Dan Aji, hafal seluruh pemain inti dan cadangan Arsenal, berikut pelatih dan asistennya serta nomor punggung pemain, tanggal ulang tahun pemain serta daftar pencetak goal dan assist (pemberi umpan) dan point klasemen liga dan urutannya. Gila, luar biasa! (dalam hati saya) Ngga ada yang salah sama hardware (otaknya), tapi masalahnya sama Software.
Satu orang anak yang sama, otaknya kalau dibuat belajar pelajaran disekolah tidak berfungsi (berhitung, menghafal) tetapi hafal seluruh pemain Arsenal. Apa anak ini bodoh? Tentunya Anda sepaham dengan saya, jawabanya adalah tidak. Anak ini pandai luar biasa. Hanya saja salah perlakuan sehingga ia malas dan tidak suka belajar.
Lalu apa yang saya lakukan untuk mengubah agar software menjadi baik dan membuat anak ini agar mudah belajar?  Yang saya perbaiki orangtuanya dahulu, sebab untuk anak seusia Aji, jika terdapat masalah dalam hidupnya berarti orangtua yang akan membantu untuk mengatasi masalah anak tersebut. Saya mengajarkan bagaimana berkomunikasi dengan anak dan sifat dari pikiran anak, serta pentingnya menomor satukan cinta dalam mendidik anak, yang semuanya akan sangat panjang jika saya jelaskan disini.

Berikutnya adalah tips bagaimana agar, anak kita menjadi rajin dan mudah sekali belajar dan sekolah.
1. Saat pulang sekolah tanyakan “hai sayang, apa yang menyenangkan hari ini disekolah?” Otomatis otak anak akan mencari hal-hal yang menyenangkan disekolah dan ini secara tidak langsung akan memberitahu sang anak bahwa sekolah adalah tempat yang menyenangkan.
2. Saat anak tidur (Hypnosleep), katakan “makin hari, belajar makin menyenangkan”, “sama halnya dengan bermain, belajar juga sangat menyenangkan”, “mudah sekali bagimu untuk belajar (berhitung, menghafal dll)”.
3. Jelaskan manfaat dari pelajaran yang sedang dipelajari (sesuai dengan minat anak tersebut) misal: dengan mempelajari perkalian, maka saat liburan naik kelas nanti nanti kamu bisa menghitung berapa harga barang yang akan kamu beli di Singapore dan kamu bisa membandingkannya dengan harga di Indonesia. Jika kamu menguasai conversation dalam bahasa inggris maka kamu akan sangat mudah berkomunikasi dengan pelatih sepak bolamu yang dari Thailand.
4. Mintalah guru les pelajarannya (jika ada), sering-sering mengatakan bahwa anak kita adalah anak yang hebat dan luar biasa. Pujian yang tulus dan memompa semangatnya jauh lebih penting dari pada mengajarkan tehnik-tehnik berhitung dan menghafal  yang cepat. Mintalah bantuan orang-orang sekitar termasuk guru untuk meningkatkan harga diri anak kita.
5. Jika anak kita masih kecil dan masih suka dibacakan dongeng, bacakan dongeng dengan posisi memangku dia (dengan posisi yang nyaman, serta memudahkan kita orangtua untuk memberikan ciuman kasih sayang atau pelukan sayang) tujuannya agar anak mengkaitkan membaca buku dengan rasa cinta dari orangtua dan buku adalah hal yang sangat menyenangkan.
6. Gunakan surat rahasia dari orangtua kepada anak, kita bisa berkata “nak, Ibu telah meletakan surat rahasia buat kamu. Cuma kamu dan ibu yang tahu isinya. Ibu letakan dibawah bantal tidurmu, bacalah setelah makan ya”. Isinya bisa berupa kata-kata yang menyemangati anak dalam kegiatan belajar dan sekolahnya.
Sumber : http://www.pendidikankarakter.com/

Kamis, 07 Februari 2013

INFO LOMBA MENULIS ARTIKEL BAGI GURU

Sumber : http://www.formulasi.or.id/2012/11/lomba-menulis-artikel-bagi-guru.html
Forum Multimedia Edukasi (FORMULASI) di awal peluncurannya mengadakan LOMBA MENULIS ARTIKEL BAGI GURU. Lomba ini diperuntukkan bagi para guru dengan cara menulis di blog Formulasi. Adapun ketentuan lomba ini adalah sebagai berikut :
clip_image002[7]
Syarat dan ketentuan:
  1. Lomba terbuka untuk semua pendidik dan tenaga kependidikan.
  2. Peserta telah bergabung dalam grup formulasi yang beralamat di https://www.facebook.com/groups/formulasi/
  3. Tema lomba periode Desember 2012 – 28 Pebruari 2013 “Pengalaman / Rencana Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran”.
  4. Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran yang dimaksud bisa merupakan pengalaman mengunakan media pembelajaran, pengalaman memanfaatkan e-learning, pengalaman melakukan ujian online, dll.
  5. Tulisan yang dilombakan belum pernah diterbitkan atau sedang diikutsertakan dalam lomba lain. 
  6. Tulisan disertai dengan bukti Foto Anda pada saat mengaplikasikan pembelajaran berbasis ICT di dalam kelas.
  7. Tulisan yang dilombakan tidak melanggar norma dan hukum yang berlaku, termasuk didalamnya masalah SARA, pornografi, hak cipta, dan lain-lain.
  8. Artikel yang masuk dalam Redaksi Formulasi menjadi hak milik Redaksi Formulasi
Prosedur perlombaan:
  1. Pendaftaran, pengumpulan, penjurian dan voting karya dilakukan di formulasi.or.id
  2. Peserta hendaknya menshare karyanya diberbagai media social (facebook, twitter, google+)
  3. Bagi yang memiliki blog pribadi, artikel dapat direview di blog pribadi dan mencantumkan banner lomba di blognya dan mencantumkan link artikel yang dimuat oleh redaksi formulasi, dan link kode banner berikut :
  4. Peserta maksimal mengirim 2 karya
  5. Penjurian dan penentuan pemenang dilakukan 3 bulan sekali.
  6. Naskah dikirim dalam format .doc atau docx dengan ukuran kertas A4, margin 4 cm 3 cm 4 cm 3 cm, spasi 1,5. Gunakan huruf Times New Roman atau Arial dengan template yang bisa didownload dengan [klik di sini]
  7. Naskah dikirim melalui e-mail ke lomba@formulasi.or.id
  8. Artikel yang memenuhi syarat dan ketentuan akan dimuat dalam www.formulasi.or.id
.

Kriteria penjurian:
1. Penilaian diberikan berdasarkan jumlah like dan komentar dengan dengan perbandingan sebagai berikut
Google + = 40%
Komentar Blogger = 30%
Facebook = 20%
Twitter = 10%
2. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat
Pengumuman Pemenang
Pengumuman pemenang dapat dilihat di www.formulasi.or.id pada minggu pertama periode berikutnya.
Hadiah:
Pemenang terfavorit pilihan pembaca (berdasarkan voting) akan mendapat Tablet PC dan Sertifikat. Tunggu apa lagi? Segera kirimkan pengalaman Anda dalam pembelajaran dengan memanfaatkan ICT! Ikuti juga update mengenai lomba ini di website www.formulasi.or.id ,dan facebook fan page Formulasi dengan alamat www.facebook.com/forum.multimedia.edukasi .
 
Untuk anda yang ingin membantu publikasi lomba ini silahkan pasang kode berikut pada blog anda.
Semakin Cepat Karya anda dikirim, semakin banyak kesempatan anda mempromosikan tulisan anda.
Selamat mengikuti lomba!

lihat artikel yang sudah masuk klik disini

BERCERMIN DIRI


Wahai Sahabatku, sering kita tertipu oleh topeng diri kita sendiri. Tapi, taukah siapa diri kita sebenarnya?

Ketika kita bercermin, lihatlah siapa yang ada di depan kita. Tentunya sudah tidak asing lagi. Apakah yang kita lihat sesuai dengan yang sebenarnya?????

Mulailah amati wajah kita seraya bertanya, "Apakah wajah ini yang kelak akan bercahaya bersinar indah di surga sana ataukah wajah ini yang akan hangus legam terbakar dalam bara jahannam?"

Lalu tatap mata kita, seraya bertanya, "Apakah mata ini yang kelak dapat menatap penuh kelezatan dan kerinduan, menatap Alloh Yang Maha Agung, menatap keindahan surga, menatap Rasulullah, menatap para Nabi, menatap kekasih-kekasih Alloh kelak? Ataukah mata ini yang akan terbeliak, melotot, menganga, terburai, meleleh ditusuk baja membara? Akankah mata terlibat maksiat ini akan menyelamatkan? Wahai mata apa gerangan yang kau tatap selama ini?"

Lalu tataplah mulut ini, "Apakah mulut ini yang di akhir hayat nanti dapat menyebut kalimat thoyibah, 'laillahailallah', ataukah akan menjadi mulut berbusa yang akan menjulur dan di akherat akan memakan buah zakun yang getir menghanguskan dan menghancurkan setiap usus serta menjadi peminum lahar dan nanah? Saking terlalu banyaknya dusta, ghibah, dan fitnah serta orang yang terluka dengan mulut kita ini!"

"Wahai mulut apa gerangan yang kau ucapkan? Wahai mulut yang malang betapa banyak dusta yang engkau ucapkan. Betapa banyak hati-hati yang remuk dengan pisau kata-katamu yang mengiris tajam? Berapa banyak kata-kata manis semanis madu palsu yang engkau ucapkan untuk menipu beberapa orang? Betapa jarangnya engkau jujur? Betapa jarangnya engkau menyebut nama Alloh dengan tulus? Betapa jarangnya engkau syahdu memohon agar Alloh mengampuni?"

Lalu tataplah diri kita tanyalah, "Hai kamu ini anak sholeh atau anak durjana, apa saja yang telah kamu peras dari orang tuamu selama ini dan apa yang telah engkau berikan? Selain menyakiti, membebani, dan menyusahkannya. Tidak tahukah engkau betapa sesungguhnya engkau adalah makhluk tiada tahu balas budi!

"Wahai tubuh, apakah engkau yang kelak akan penuh cahaya, bersinar, bersukacita, bercengkrama di surga atau tubuh yang akan tercabik-cabik hancur mendidih di dalam lahar membara jahannam terasang tanpa ampun derita tiada akhir"

"Wahai tubuh, berapa banyak masiat yang engkau lakukan? Berapa banyak orang-orang yang engkau dzhalimi dengan tubuhmu? Berapa banyak hamba-hamba Alloh yang lemah yang engkau tindas dengan kekuatanmu? Berapa banyak perindu pertolonganmu yang engkau acuhkan tanpa peduli padahal engkau mampu? Berapa pula hak-hak yang engkau napas?"

"Wahai tubuh, seperti apa gerangan isi hatimu?Apakah tubuhmu sebagus kata-katamu atau malah sekelam daki-daki yang melekat di tubuhmu? Apakah hatimu segagah ototmu atau selemah daun-daun yang mudah rontok?

Apakah hatimu seindah penampilanmu atau malah sebusuk kotoran-kotoranmu?"

Lalu ingatlah amal-amal kita, "Hai tubuh apakah kau ini makhluk mulia atau menjijikan, berapa banyak aib-aib nista yang engkau sembunyikan dibalik penampilanmu ini?" "Apakah engkau ini dermawan atau sipelit yang menyebalkan?" Berapa banyak uang yang engkau nafkahkan dan bandingkan dengan yang engkau gunakan untuk selera rendah hawa nafsumu".

"Apakah engkau ini sholeh atau sholehah seperti yang engkau tampakkan? Khusukkah shalatmu, dzikirmu, doamu, ikhlaskah engkau lakukan semua itu? Jujurlah hai tubuh yang malang! Ataukah menjadi makhluk riya tukang pamer!"

Sungguh betapa beda antara yang nampak di cermin dengan apa yang tersembunyi, betapa aku telah tertipu oleh topeng? Betapa yang kulihat selama ini hanyalah topeng, hanyalah seonggok sampah busuk yang terbungkus topeng-topeng duniawi"

Wahai sahabat-sahabat sekalian, sesungguhnya saat bercermin adalah saat yang tepat agar kita dapat mengenal dan menangisi diri ini.



Diambil dari Bunga Rampai Aa Gym

PUISI



Ketika segalanya jadi tidak keruan,
Seperti yang sering terjadi,
Ketika jalan yang kamu tempuh dengan susah payah terasa terus menanjak,
Ketika uang yang begitu sedikit dan utang begitu banyak,
Dan kamu ingin tersenyum tetapi kamu harus berkeluh kesah,
Ketika perhatian sedikit menekanmu,
Istirahatlah jika kamu merasa harus,
Tetapi jangan kamu berhenti!!
Hidup begitu aneh dengan lika-liku dan segala perubahannya,
Seperti yang kadang kita pelajari,
Dan banyak kegagalan terjadi,
Ketika dia yang harusnya menang,
Justru terhenti;
Jadi jangan menyerah,
Walau langkahmu terasa begitu pelan,
Bisa jadi kamu berhasil dengan embusan yang lain!
Kesuksesan adalah kegagalan yang berbalik
Warna perak di kabut keraguan
Dan kamu tak kan pernah bisa
Mengungkapkan seberapa dekatnya dirimu
Kesuksesan mungkin saja dekat ketika kelihatannya begitu jauh;
Jadi teruslah berjuang ketika kau alami benturan terberat sekalipun,
Saat segalanya kacau kamu tak boleh berhenti!!

HARI BARU



Hening dan gelapnya malam tidak bertahan selamanya. Keadaan itu berangsur-angsur akan berubah. Jika tiba waktunya, sinar matahari pagi akan mulai menyeruak dan memberi cahaya atas kegelapan yang malam bawa. Pagi hari, terdengar suara kokok ayam. Kita pun bangun. Sudah sepatutnyalah kita mengucapkan rasa syukur kepada Allah. Allah telah memberi kita hari baru. Suatu hari dimana kita dapat mengerjakan apa yang ingin kita kerjakan. Hari dimana kita dapat beraktivitas sesuai dengan bidang pekerjaan kita masing-masing. Hari dimana harapan bisa tercapai dengan bekal ikhtiar yang sungguh-sungguh dan tawakkal kepada Allah.


Di tengah kesibukan kita, sering kita lupa untuk menikmati keindahan pagi hari. Jangankan menikmati keindahan pagi, mengucapkan syukur atas kehadiran pagi maupun kehadiran diri kita di pagi itu pun terkadang terlupakan. Sering kali, kita begitu terlena dengan kenikmatan tidur ataupun sibuk mempersiapkan pekerjaan yang akan kita lakukan di siang hari, sampai-sampai kita lupa untuk mengucap syukur bahwa Allah memberi kita kesempatan. Ucapan, Alhamdulillah sudah merupakan bentuk optimisme bahwa hari ini dengan izin-Nya akan kita lalui dengan baik. Dengan Alhamdulillah kita telah mensyukuri kenikmatan yang Allah berikan kepada kita, yaitu kenikmatan untuk dizinkan hidup satu hari lagi.


Bersinarnya matahari pagi membatasi dua periode waktu yang berbeda. Pertama adalah periode malam hari dan hari sebelumnya. Itulah waktu dimana apa yang sudah kita lakukan tidak mungkin akan kembali lagi. Waktu yang tidak perlu kita rindukan lagi kedatangannya, karena yang berlalu akan berlalu. Yang lain adalah periode waktu yang akan kita lalui ke depan. Itulah waktu yang perlu kita persiapkan dengan baik. Waktu dimana segala harapan dan impian masih luas terbentang di hadapan kita. Itulah waktu yang harus kita gunakan sebaik-baiknya. Kita bisa melihat dan belajar dari apa yang sudah kita lalui. Akan tetapi tidak ada yang bisa memulai dari kemarin. Semua harus dilakukan dari sekarang.


Allah memberi kita suatu keajabaian kepada kita. Kejadian itu terjadi setiap hari di depan mata kita. tidak perlu menunggu setahun untuk berubah menjadi lebih baik. Tidak perlu menunggu hari-hari tertentu saja untuk menjadi baik. Karena sesungguhnya setiap hari Allah telah memberi harapan baru bagi kita untuk berusaha sebaik mungkin bagi kehidupan dunia maupun akhirat nanti. Lupakan yang lampau, mari kita lihat ke depan untuk menuju cita-cita yang selalu kita inginkan, yaitu ridha Allah.


\\\"Dia memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Yang (berbuat) demikian itulah Allah Tuhanmu, kepunyaan-Nyalah kerajaan. Dan orang-orang yang kamu seru (sembah) selain Allah tiada mempunyai apa-apa walaupun setipis kulit ari.\\\" (Al Qur\'an Faathir:13)

DELAPAN KADO TERINDAH


Untuk Sahabat...
Aneka kado ini tidak dijual di toko. Anda bisa
menghadiahkannya setiap saat, dan tak perlu membeli !
Meski begitu, delapan macam kado ini adalah hadiah
terindah dan tak ternilai bagi orang-orang yang Anda
sayangi.

*KEHADIRAN *
Kehadiran orang yang dikasihi rasanya adalah kado yang
tak ternilai harganya. Memang kita bisa juga hadir
dihadapannya lewat surat,telepon, foto atau faks.
Namun dengan berada disampingnya. Anda dan dia dapat
berbagi perasaan, perhatian , dan kasih sayang secara
lebih utuh dan intensif. Dengan demikian, kualitas
kehadiran juga penting. Jadikan kehadiran Anda sebagai
pembawa kebahagian.
NB.: pantes ya.. setiap kali hari raya keagamaan,
orang selalu berbondong-bondong mudik...

*MENDENGAR*
Sedikit orang yang mampu memberikan kado ini, sebab,
kebanyakan orang lebih
suka didengarkan, ketimbang mendengarkan. Sudah lama
diketehui bahwa keharmonisan hubungan antar manusia
amat ditentukan oleh kesediaan saling mendengarkan.
Berikan kado ini untuknya. Dengan mencurahkan
perhatian pada segala ucapannya, secara taklangsung
kita juga telah menumbuhkan kesabaran dan kerendahan
hati. Untuk bisa mendengar dengan baik, pastikan Anda
dalam keadaan betul-betul relaks dan bisa menangkap
utuh apa yang disampaikan. Tatap wajahnya. Tidak perlu
menyela, mengkritik, apalagi menghakimi. Biarkan ia
menuntaskannya. Ini memudahkan Anda memberi tanggapan
yang tepat setelah itu. Tidak harus berupa diskusi
atau penilaian. Sekedar ucapan terima kasihpun akan
terdengar manis baginya.

*D I A M*
Seperti kata-kata, didalam diam juga ada kekuatan.
Diam bisa dipakai untuk menghukum, mengusir, atau
membingungkan orang. Tapi lebih dari segalanya. Diam
juga bisa menunjukkan kecintaan kita pada seseorang
karenamemberinya \" ruang\". Terlebih jika sehari-hari
kita sudah terbiasa gemar menasihati, mengatur,
mengkritik bahkan mengomeli.

*KEBEBASAN*
Mencintai seseorang bukan berarti memberi kita hak
penuh untuk memiliki atau mengatur kehidupan orang
bersangkutan. Bisakah kita mengaku mencintai seseorang
jika kita selalu mengekangnya ? Memberi kebebasan
adalah salah satu perwujudan cinta. Makna kebebasan
bukanlah, \"Kau bebas berbuat semaumu.\" Lebih dalam
dari itu, memberi kebebasan adalah memberinya
kepercayaan penuh untuk bertanggung jawab atas segala
hal yang ia putuskan atau lakukan

*KEINDAHAN*
Siapa yang tak bahagia, jika orang yang disayangi
tiba-tiba tampil lebih ganteng atau cantik ?
(eh..)Tampil indah dan rupawan juga merupakan kado
lho. Bahkan tak salah jika Anda mengkadokannya tiap
hari ! Selain keindahan penampilan pribadi, Anda pun
bisa menghadiahkan keindahan suasana dirumah. Vas dan
bunga segar cantik di ruang keluarga atau meja makan
yang tertata indah, misalnya.

*TANGGAPAN POSITIF*
Tanpa, sadar, sering kita memberikan penilaian negatif
terhadap pikiran, sikap atau tindakan orang yang kita
sayangi. Seolah-olah tidak ada yang benar dari dirinya
dan kebenaran mutlak hanya pada kita. Kali ini, coba
hadiahkan tanggapan positif. Nyatakan dengan jelas dan
tulus. Cobalah ingat, berapa kali dalam seminggu
terakhir anda mengucapkan terima kasih atas segala hal
yang dilakukannya demi Anda. Ingat-ingat pula,
pernahkah Anda memujinya. Kedua hal itu, ucapan terima
kasih dan pujian (dan juga permintaan maaf ), adalah
kado cinta yang sering terlupakan.

*KESEDIAAN MENGALAH*
Tidak semua masalah layak menjadi bahan pertengkaran.
Apalagi sampai menjadi cekcok yang hebat. Semestinya
Anda pertimbangkan, apa iya sebuah hubungan cinta
dikorbankan jadi berantakan hanya gara-gara persoalan
itu? Bila Anda memikirkan hal ini, berarti Anda siap
memberikan kado \" kesediaan mengalah\". Okelah, Anda
mungkin kesal atau marah karena dia telat datang
memenuhi janji. Tapi kalau kejadiannya baru sekali
itu, kenapa mesti jadi pemicu pertengkaran yang
berlarut-larut ? Kesediaan untuk mengalah sudah dapat
melunturkan sakit hati dan mengajak kita menyadari
bahwa tidak ada manusia yang sempurna didunia ini.

*SENYUMAN*
Percaya atau tidak, kekuatan senyuman amat luar biasa.
Senyuman,terlebih yang diberikan dengan tulus, bisa
menjadi pencair hubungan yang beku, pemberi semangat
dalam keputus asaan. pencerah suasana muram, bahkan
obat penenang jiwa yang resah. Senyuman juga merupakan
isyarat untuk membuka diri dengan dunia sekeliling
kita. Kapan terakhir kali anda menghadiahkan senyuman
manis pada orang yang dikasihi ?
@@@@@@@@@@@@@@@@@@






Selasa, 05 Februari 2013

ASYIKNYA MENGENALI BINATANG DALAM BAHASA ARAB

 ASYIKNYA MENGENALI BINATANG DALAM BAHASA ARAB
Belajar bahasa Arab itu mudah dan menyenangkan. Apakah benar pernyataan tersebut? Ya, tentu benar. Menurut pengalaman saya pribadi belajar bahasa Arab itu sangat mudah dan menyenangkan. Namun sebagian orang menganggap bahwa belajar bahasa Arab itu sulit dan membosankan. Mungkin hal ini disebabkan karena mereka takut belajar bahasa Arab dan belum menguasai cara membaca Al Qur’an dengan baik atau membaca Al Qur’annya belum lancar. Anda ingin mengetahui rahasia kemudahan dan keasyikannya?
Pada kesempatan ini kami hadirkan sebuah Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) materi pelajaran bahasa Arab dengan judul “ Asyiknya Mengenali Binatang dalam Bahasa Arab”. MPI ini dibuat secara khusus untuk siswa kelas III semester I dan pada umumnya bagi siapa saja yang ingin belajar bahasa Arab pokok bahasan tentang binatang dengan nuansa belajar yang asyik dan menyenangkan.
MPI ini kami kemas sedemikian rupa sehingga bisa interaktif dan menyenangkan bagi yang belajar secara mandiri. Dan juga bisa membantu bagi para guru bahasa Arab dalam mengajar dan menjelaskan kepada para siswanya. Berikut ini tampilkan screen shoot isi Multimedia Pembelajaran Interaktif :
clip_image002
Gambar 1. Menu Utama
clip_image004

Gambar 3. Materi Inti
clip_image006
Gambar 3. Materi Percakapan
Dalam materi percakapan siswa dapat melatih pendengaran juga berlatih mengucapkan kosa- kata yang tersedia sendiri tanpa ada rasa ragu dan malu.
clip_image008
Gambar 4. Materi Pengayaan
Materi pengayaan berisi syair lagu berbahasa Arab yang dikemas dalam bentuk teks dan video bersama siswa. Harapannya siswa lebih dekat dengan bahasa Arab dengan menguasai beberapa gubahan lagunya. Sehingga siswa tidak terbebani lagi bahwa bahasa Arab itu sulit tapi sebaliknya bahwa bahasa Arab sangat mudah dan menyenangkan.
clip_image010
Gambar 5. Latihan Soal Menjodohkan Gambar dengan Tulisan Arab
Pada latihan soal menjodohkan ini siswa akan lebih asyik dan senang ketika dia bisa menggabungkan gambar dengan tulisannya. Jika gambar tidak sesuai dengan tulisan maka gambar tersebut akan kembali ke tempat semula. Dengan demikian siswa akan cepat paham dan bisa menemukan jawabannya secara cepat dan benar.
clip_image012
Gambar 6. Evaluasi
clip_image014
Gambar 7. Skor Nilai Evaluasi
Pada gambar 6 disajikan evaluasi dari proses belajar mandiri siswa melalui multimedia interaktif ini. Soal berjumlah 10 soal dengan mengidentifikasikan nama-nama binatang dan suara-suara binatang. Kemudian pada lembar terakhir (gambar 7) siswa bisa melihat nilai hasil jawaban yang ia kerjakan tadi.
Demikian artikel singkat ini tentang multimedia pembelajaran interaktif pelajaran bahasa Arab dengan judul “Asyiknya Mengenali Binatang dengan Bahasa Arab”. Semoga bisa bermanfaat bagi siswa, guru dan semuanya yang merasa kesulitan selama ini dalam belajar bahasa Arab. Silahkan dicoba dan buktikan bahwa bahasa Arab itu mudah dan menyenangkan.
Salam Persahabatan..
............................................................................................................................
image


   Download
Bila kesulitan download, anda dapat memesan media ini melalui kami,
dengan mengganti biaya cetak (cetak CD + Ongkos kirim + Donasi untuk Formulasi) info lengkapnya bisa dibaca di toko.formulasi.or.id
Informasi Halaman Artikel
URL: http://www.formulasi.or.id/2012/12/asyiknya-mengenali-binatang-dalam.html

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates